Bantu Pasien Covid 19, Personil Polresta Surakarta Ikut Donor Darah Plasma

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta-Dalam rangka membantu kesembuhan pasien Covid 19, Personil Polsek Jebres Polresta Surakarta Aiptu Timbul dan Bripka Sarwono ikut donor darah plasma konvalesen di Kantor PMI Jebres kota Surakarta, Jumat (29/01/2021) pagi tadi.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi mengatakan memang benar dua orang personil Polsek Jebres pagi tadi mengikuti donor darah plasma konvalesen sebagai upaya membantu kesembuhan pasien COVID-19 di wilayah itu.

“Yang mana sudah setahun pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah terinfeksi virus corona terus bertambah setiap hari,” ucap Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIk.MSi.

“Berbagai upaya metode pengobatan yang efektif untuk virus ini dilakukan. Salah satunya adalah dengan donor darah plasma konvalesen,” imbuh Kapolresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta menambahkan konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien COVID-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

“Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas COVID-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona,” katanya.

“Di tengah terus bertambahnya angka penyebaran COVID-19, kami lakukan screening donor darah plasma bagi anggota yang sudah sembuh dari COVID-19. Nantinya mereka yang memenuhi syarat dapat diteruskan proses donor darahnya. Hal ini sebagai wujud kepedulian Polri bagi masyarakat yang sedang terpapar virus ini,” ujar Kapolresta.

Kapolresta berharap dari 2 anggota yang telah memenuhi syarat plasma konvalesen, yakni acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi.

“Semoga upaya ini dapat membantu membantu saudara-saudara kita yang sedang terpapar virus corona. Sehingga laju penyebaran virus corona dapat segera teratasi,” pungkas Kapolresta Surakarta.