Berjam-jam Kapolsek Pasar Kliwon Blusukan Kampung, Demi Salurkan Sepeda

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta—Berjualan mainan anak-anak sejak 1980, Wijono, 60, menyisir jalanan Kota Solo dengan sepeda kayuh berkarat miliknya. Mainan bambu tersusun rapi di bagian belakang sepeda berkarat yang telah dipasangi keranjang.

Sepeda berkarat yang idealnya untuk usia anak-anak itu menjadi teman Wijono menawarkan mainan bambu yang akrab dikenal sebagai klothokan. Tahun 2014 lalu, istri yang ia cintai meninggal dunia. Hal itu membuatnya hidup sendirian bahkan tinggal tak menentu di Kota Solo.

Wijono meyakini, meski mainan yang ia tawarkan sudah ketinggalan zaman namun selalu ada pertolongan Allah. Selama ada yang menjual pasti ada yang membeli. Allah telah menyiapkan rezeki bagi hambanya yang mau berusaha. Sehari, empat klothokan laku terjual, harga klothokan itu Rp5.000. Sehari uang sebanyak Rp20.000 ia peroleh. Uang sebanyak itu harus ia peroleh dengan mengayuh sepeda dari kawasan Gilingan hingga Palur.

Kapolsek Pasar Kliwon, Iptu Achmad Riedwan Preevost, yang baru beberapa pekan menjabat sebagai Kapolsek mendengar kabar tentang kakek Wijono. Memanfaatkan media sosial Polresta Surakarta ia mencari lokasi Kakek Wijono tinggal. Ia tergerak mencari Kakek Wijono karena sadar bahwa mengayomi merupakan tugas kepolisian. Satu unit sepeda kayuh serta satu paket sembako ia siapkan untuk meringankan kehidupan Wijono.

“Kakek Wijono tidak memiliki tempat tinggal menetap. Kami harus mencari kediaman Kakek Wijono yang ternyata tinggal di pinggir rel kereta api Stasiun Balapan. Perlu waktu berjam-jam untuk menemukan beliau, ini bagian dari perjuangan kami membantu Kakek Wijono,” papar dia mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Menurutnya, Kakek Wijono merupakan sosok yang menginspirasi. Usianya yang sudah tua tidak menghentikan kedua kakinya untuk terus bekerja. Hal itu patut dijadikan contoh bagi generasi muda agar tetap semangat dalam bekerja.

“Bantuan dari Kapolresta kami salurkan, kami berharap bantuan yang diberikan dapat membantu. Apabila ada informasi semacam ini kami siap membantu,” tutup Kapolsek Pasar Kliwon.