Bhabinkamtibmas Karangasem Dampingi Tim Pemicu Stop Jentik di Rumah Warga Cegah Wabah Demam Berdarah

 

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta- Bhabinkamtibmas Kelurahan Karangasem bersama Kanit Binmas polsek Laweyan menghadiri /mendampingi kegiatan pemicuan Stop Jentik di Kelurahan Karangasem kecamatan Laweyan kota Surakarta, Sabtu (20/03/2021).

 

Tujuan kegiatan tersebut dalam rangka upaya untuk mencegah penularan penyakit DB(Demam Berdarah) yang mana kegiatan ini di laksanakan oleh Dinkes UPT Puskesmas Pajang.di Rt 01/09 Karangasem.

Kegiatan ini efektif dilaksanakan selama musim penghujan seperti sekarang ini, untuk mencegah berjangkitnya demam berdarah, warga kelurahan Karangasem kota Surakarta. Para petugas pemantau jentik ini selain berkeliling kampung memantau jentik nyamuk, mereka memberi penyuluhan cara pencegahan penyakit demam berdarah.

Dengan berbekal lampu senter, ibu-ibu mencari jentik nyamuk di rumah-rumah warga. Selain mencari jentik nyamuk, pasukan jumantik memberi penyuluhan tentang bahaya DBD dan cara penanggulanganya. Ibu-ibu ini juga tampak sangat teliti dan tidak segan-segan membersihkan barang-barang bekas yang ditemukan bakal menjadi tempat genangan air hujan.

Meskipun belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, kegiatan ini mendapat sambutan positif warga. Pasalnya kegiatan ini dinilai efektif untuk menekan berjangkitnya demam berdarah.

Hadir dalam kegiatan ini Dr Widiya beserta 3 Anggota Puskesmas Pajang,Kanit Binmas Polsek Laweyan Iptu Hana Ruyanti , Lurah Karangasem Marwoto,SH , Ketua RW 09 Anung , Ketua RT 01/09 Endro dan Kader Kesehatan /PKK RW 09.

Kegiatan pengecekan jentik dilaksanakan di bak mandi dan bak Wc serta bak penampungan air di wilayah kelurahan Karangasem. Setelah diadakan pengecekan rata – rata di bak mandi dan penampungan telah di temukan banyak jentik nyamuk. Langkah-langkah pertama yang diambil adalah memberikan pengertian kepada tuan rumah supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kamar mandi, disarankan agar diupayakan diadakan pengurasan terhadap bak mandi setiap 2 hari sekali.