Bhabinkamtibmas Polsek Laweyan Hadiri Deklarasi Kampung Bebas Asap Rokok di Pajang

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta- Bhabinkamtibmas Kelurahan Pajang Polsek Laweyan Polresta Surakarta Aipda Slamet menghadiri kegiatan Deklarasi Kampung Bebas Asap Rokok di Joglo Sastrowitan Kp. Bratan Rw 09 Kelurahan Pajang kecamatan Laweyan kota Surakarta, Senin (05/10/2020).

Bhabinkamtibmas Pajang Aipda Slamet mengatakan mendeklarasikan komitmen Kampung Bebas Asap Rokok, di Joglo Sastrowitan Kp. Bratan Rw 09 Kelurahan Pajang kecamatan Laweyan kota Surakarta yang merupakan sebagai upaya meminimalkan dampak buruk kesehatan akibat rokok dan munculnya perokok aktif baru.

“Maksud tujuan diselenggarakan giat untuk mengurangi angka generasi muda yang merokok dan yang sudah terlanjur merokok dapat menempatkan diri saat merokok”, ucap Aipda Slamet

Adapun Komitmen Warga RW 09 yakni ” Tidak menyediakan asbak dan tidak menyalakan rokok saat pertemuan warga, Tidak menyuruh anak dibawah 17 tahun untuk membeli rokok dan warung tidak melayani pembelian rokok bagi anak usia di bawah 17 tahun, Tidak merokok di dalam rumah/ruangan tertutup serta Tidak merokok di dekat balita dan ibu hamil”, jelas Bhabinkamtibas Aipda Slamet.

Dia menuturkan orang bisa menjadi perokok berat tidak muncul tiba-tiba, tetapi melalui sejumlah proses, mulai dari belum bisa merokok sama sekali sampai tingkat kecanduan. Dalam filosofi Jawa dikatakan ada lima tingkatan bagi perokok, yakni eko angraao wani, dwi amratani, tri kawula busana, catur wanoro rukem dan panca sura panggah.

” Eko angrasa wani terjadi pada para remaja yang masih coba-coba. Tri kawula busana, yakni mereka sudah merasa senang merokok. Di fase terakhir ada panca sura panggah, para perokok sudah pantang mundur apa pun yang terjadi “, pungkasnya.