Cegah Pemudik, Polresta Surakarta Lakukan Penyekatan di Perbatasan

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kepolisian Resor Kota Surakarta melakukan penyekatan di Pos Pengamanan Faroka kota Surakarta. Hal ini untuk mencegah arus mudik lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Hal ini dilaksanakan menyusul keputusan Presiden Joko Widodo yang menyatakan, aktivitas perpindahan dari satu daerah ke daerah lain pada lebaran 2020 atau mudik dilarang.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH melalui Kabagops Kompol I Ketut Sukarda mengatakan, selain di Pos Pengamanan Faroka yang merupakan pintu masuk menuju kota Surakarta dari kabupaten Sukoharjo, juga dilakukan penyekatan di Pos Pengamanan Tugu Makutho yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar serta di Pos Pengamanan Joglo yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan juga pintu masuk pengendara yang dari arah Kabupaten Sragen.

“Dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2020 ini, kita membatasi dan menyekat jalur arus mudik para warga yang masuk ke kota Surakarta utamanya dari wilayah yang menerapkan PSBB seperti kota Surabaya dan DKI Jakarta,” katanya.
Dia mengatakan, kepolisian akan melakukan pengecekan terhadap para pengendara, terutama kendaraan pribadi yang melintas.

“Kita akan interogasi dan periksa identitasnya sampai dengan tujuan dan asalnya dari mana,apabila ada pengendara yang kedapatan hendak mudik, petugas secara tegas akan meminta pemudik tersebut balik arah”. Ucap Kabagops.

“Jika terbukti pemudik, kita arahkan untuk balik arah,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas Kompol Afrian Satya Permadi,SH.SIK.MH menambahkan, selain pemudik, Polisi juga merazia pengendara yang tidak menggunakan APD seperti masker serta tidak menerapkan phyisical distancing.

“Yang tidak menggunakan masker juga kami akan arahkan putar balik. Karena pemakaian masker ini merupakan salah satu aturan yang harus diterapkan selama masa pandemi ini,” tegas Kasat Lantas.