Dengan Humanis Patroli Polsek Laweyan Bubarkan Kerumunan Warga yang Nongkrong

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta -Petugas patroli Polsek Laweyan membubarkan kerumunan warga yang nongkrong di warung dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Jumat (24/04/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pawas Iptu Ribut , giat patroli Covid-19 yang melibatkan sekitar 5 personil tersebut melakukan patroli diseputaran wilayah kecamatan Laweyan. Terpantau, kehadiran petugas patroli tersebut cukup mengejutkan warga yang sedang nongkrong di pinggir jalan maupun tengah ngopi di warung lesehan. Petugas pun meminta mereka yang sedang nongkrong segera meninggalkan tempat tersebut untuk menghindari penularan virus corona yang kini sudah mewabah.

“Silakan bayar dulu makanan dan minumannya, kemudian langsung pulang ke rumah masing-masing. Jangan ada lagi nongkrong-nongkrong atau berkerumun seperti ini. Sekarang sedang ada wabah corona, kalau tidak ada kepentingan yang mendesak sebaiknya tetap diam di rumah,” imbau Iptu Ribut.

Tak terkecuali anak-anak muda yang sedang duduk nongkrong di atas motor yang berjejer rapi, seketika tancap gas saat melihat mobil patroli polisi mendekat. Sesekali petugas kembali harus turun dan mendatangi kerumunan warga yang tak menuruti anjuran petugas untuk bubar.

Kapolsek Laweyan Kompol Ari Sumarsono,SH.MH menjelaskan, setiap malam hari kami akan terus melakukan patroli di seputaran wilayah Polsek Laweyan yang mana kami akan membubarkan kerumunan warga yang sedang nongkrong.

“Pemerintah sampai membuat kebijakan belajar di rumah bagi para pelajar dan work from home (WFH) bagi karyawan untuk tujuan memutus mata rantai penyebaran corona. Kalau mau beli makan diwarung silakan saja, serta bungkus bawa pulang tapi itu pun harus menerapkan physical distancsing atau jaga jarak, mengenakan masker dan lainnya, bukan malah nongkrong-nongkrong,” ujar Kompol Ari Sumarsono,SH.MH.

Kapolsek menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dari penularan virus corona ini. Dia berharap, kegiatan patroli rutin petugas Polsek Laweyan menyisir jalan setiap malam akan membuat masyarakat akhirnya mau untuk tetap di rumah sampai wabah corona berakhir.

“Mari kita lawan bersama virus corona ini dengan tetap di rumah, menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta terapkan social distancing. Insyaa Allah kalau kita semua patuh, wabah corona ini akan cepat berakhir. Jangan lagi ada kegiatan kumpul-kumpul yang bisa berpotensi terjadi penularan virus corona yang akhirnya bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan orang banyak,” imbau Kapolsek.