Kabagops Polresta Surakarta Pimpin Operasi Yustisi Masker di Semanggi

 

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Operasi yustisi digelar tim gabungan dari Polresta Surakarta, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama dengan TNI yang dipimpin langsung Kabagops Polresta Surakarta Kompol I Ketut Sukarda,SH.

Dalam operasi tersebut menjaring 77 orang kedapatan tidak memakai masker, mereka diberikan sanksi sosial menghafal Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membersihkan selokan di Kawasan Semanggi.

“Operasi yustisi ini akan berlangsung setiap hari hingga kondisi mulai membaik,” kata Kabagops Kompol I Ketut Sukarda,SH.

Operasi yustisi ini merupakan salah satu upaya untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Untuk warga yang kedapatan tidak mematuhi aturan maka akan diberi sanksi.

“Sanksi yang akan diberikan kepada warga yang tidak mematuhi protokoler kesehatan seperti menyanyikan lagu kebangsaan, menyebutkan Pancasila hingga kerja bakti ,” jelasnya.

Sementara, Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak, SIK.MSi melalui Kabagops Kompol I Ketut Sukarda,SH menambahkan, sanksi akan tetap diberikan kepada warga secara humanis, tegas dan terukur sehingga tidak hanya asal memberikan hukuman. Selain itu, untuk warga yang tidak memakai masker ketika ditemui maka akan diberikan masker oleh petugas ketika operasi berlangsung.

“Tertibkan dulu diri kita terlebih dahulu untuk mentaati protokol kesehatan, kita sama-sama belajar mendisiplinkan diri kita dan mendisiplinkan masyarakat,” terangnya.

“Operasi terus kita lakukan agar masyarakat betul – betul untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan,” pungkas Kabagops