Kakak Beradik Sumbang Uang Untuk Corona

 

Penyebaran wabah virus Covid-19 atau Corona yang belum berakhir membuat semua orang tergerak. Termasuk Tasya Tunjung Wulan,19, dan Tyas Dwi Tunjung Wangi,12, yang menyumbangkan uang tabungan mereka selama setahun terakhir bagi mereka yang terdampak virus asal Wuhan, Tiongkok ini.
Dari pantauan koran ini, dua kakak beradik warga Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari ini datang membawa kantong kresek warna orange ke Polresta Surakarta Senin (20/4) kemarin. Didalam kantong kresek, berisi toples yang berisi ratusan uang koin pecahan Lima ratusan serta beberapa lembar uang kertas.
Setibanya di Pos Penjagaan, uang dari kedua remaja ini diterima oleh anggota yang ada didepan.; satu persatu uang koin ini langsung dihitung oleh dua orang anggota. Totalnya terkumpul uang tunai sebesar Rp. 1.126.500 dengan rincian Rp. 650 ribu uang keras dan Rp. 476.500 uang koin.
Tasya mengatakan sejatinya uang tabungan ini biasa digunakan untuk membeli hewan kurban dalam memperingati Idul Adha. Kegiatan aksi ini menabung ini sudah rutin dilakukan kedua bersaudari ini sejak dua tahun terakhir. “ya uangnya dari jajan sehari-hari, saya sisihkan, kemudian saya tabung,” kata siswi kelas 12 SMK Negeri 2 Surakarta ini.
“kemudian lihat kabar pandemi corona semakin parah saja, banyak yang terdampak, tidak hanya pasien tapi juga semua pihak. Apalagi ingat kakak sepupu saya yang jadi perawat di Bogor, kesulitan APD dan lain-lain,” ujarnya.
Setelah berdiskusi dengan sang adik, mereka akhirnya sepakat uang hasil tabungan tahun ini tidak dibelikan hewan kurban, namun disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan. “kalau beli barang saya tidak tahu mau dibelikan apa, akhirnya kita sumbangkan dalam bentuk uang, semoga bisa membantu dan wabah corona ini bisa segera selesai,” pungkasnya.
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai yang turun melihat proses perhitungan uang ini mengapresiasi langkah yang dilakukan kedua kakak beradik ini. “jadi saya dilapori ada dua anak yang sebelumnya menabung untuk Kurban, tapi disumbangkan untuk kegunaanya membantu penanganan virus corona,” katanya.
“ini sangat luar biasa, meski masih berusia belia namun sudah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tentu saja kita berharap bisa memotivasi masyarkat yang lain untuk bersama-sama membantu dalam rangka menanggulangi virus corona ini,” imbuh Kapolresta.
Nantinya, lanjut Kapolresta, uang sumbangan ini akan diatur dan digunakan untuk pengadaan APD maupun sembako untuk membantu kepada masyarakat yang terdampak langsung dari virus corona ini. (atn)