Kapolda Jateng Mendapatkan Gelar Kehormatan oleh SIJ KGPAA Mangkunegoro IX

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K mendapat gelar baru. Kini, di depan namanya tersemat gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH). Tambahan nama tersebut didapat dalam upacara kenaikan tahta ke-33 KGPAA Mangkunegara IX , Jumat (28/08/2020).

”Alhamdulilah dapat anugerah gelar KPH. Saya bahagia sekali dan makin tambah semangat untuk terus nguri-uri budaya Solo, khususnya Mangkunegaran,” tutur kapolda Jateng usai acara.

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K mengaku bangga bisa menjadi salah satu dari sembilan orang lainnya yang diberi gelar serupa oleh KGPAA Mangkunegara IX. Gelar tersebut dia anggap sebagai amanah. Oleh sebab itu, ia berjanji akan melestarikan budaya Solo, khususnya Pura Mangkunegaran.

”Mangkunegaran merupakan satu dari banyak sumber budaya di Jawa. Oleh sebab itu, sumbangan pemikiran yang moderat sesuai zaman juga dianggap perlu untuk perkembangan Mangkunegaran. Sehingga bisa hidup berdampingan dengan akhlak budaya, agama, dan masyarakat umum.” jelas kapolda.

Peringatan naik tahta yang akrab disebut dengan tingalan wiyosan jumenengan yang digelar di Pendapi Ageng Pura Mangkunegaran dihadiri ratusan kerabat dan abdi dalem Mangkunegaran.

“Kegiatan ini adalah warisan budaya yang harus kita jaga Hari ini saya Di beri gelar oleh SIJ KGPAA Mangkunegoro IX yang Memberikan dorongan motivasi kami walaupun dalam suasana pandemi covid -19 tetapi tidak mengganggu acara yang di laksanakan tetap menggunakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatannya”, pungkas Kapolda Jateng.(Yuliant/Humas)