Kapolda Jateng Silaturahmi ke Sejumlah Tokoh Agama di Solo

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta- Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan silaturahmi ke sejumlah tokoh agama di Solo, Jumat siang tadi (19/06/2020). Selain bertemu dengan pengasuh Ponpes Al Muayad Kyai Haji Abdul Rozzaq Shofawi di Mangkuyudan Kecamatan Laweyan yang didampingi oleh Ibuk Eva Yuliana yang merupakan anggota DPR RI komisi 3, mantan Kapolresta Surakarta tersebut juga bertemu dengan Pengasuh Ponpes Al Quraniy Azzayadiy Solo, KH Abdul Karim (Gus Karim) serta Habib Syech Abdul Qodir Assegaf .

Selain silaturahmi, menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi , pertemuan dengan para ulama tersebut juga untuk membicarakan terkait pembentukan Pesantren Siaga Covid-19 di tiap Kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Ini hanya silaturahim saja. Jadi untuk pesantren, kita sudah berkoordinasi dengan Pemprov. Polri akan menjadi fasilitator dalam rangka menciptakan Pesantren Siaga (Covid-19),” ujar Kapolda.

Kapolda menambahkan dengan memberdayakan pesantren dalam memberikan pengamanan terhadap diri sendiri dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun semua pada akhirnya akan diserahkan kepada para pengasuh ponpes masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Habib Syech Abdul Qodir Assegaf membenarkan adaya rencana pembentukan Ponpes Siaga Covid-19. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya konsep Ponpes Siaga Covid-19 kepada Polda Jawa Tengah.

“Kalau kami sangat mengapresiasi rencana tersebut dan mendukungnya,” kata Habib Syech.

“Polisi hanya menjadi fasilitator, mendidik, menerapkan, tapi semua pelaksana kegiatan kita serahkan ke pesantren yang ada. Polda Jateng sudah membuat role model yang nanti akan kita terapkan ke seluruh pesantren,” pungkas Kapolda.