Kapolresta , Dandim dan Pimpinan DMI Surakarta Himbau Warga Shalat Dirumah Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Surakarta- Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH menggelar kegiatan silaturahmi Dewan Masjid Indonesia ( DMI) kota Surakarta dengan Takmir Masjid dalam rangka kegiatan Ibadah ditengah Pandemi Covid -19 di Masjid Al Wustho Mangkunegaran kota Surakarta. Rabu (05/05/2020).

Pimpinan  Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengumumkan beberapa aturan beribadah di Masjid terkait penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Hal itu juga selaras dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19.

Dewan Masjid Indonesia mengingatkan kepada seluruh takmir masjid agar meningkatkan doa dan Qunut Nadzilah.

“Adzan tetap dikumandangkan sesuai waktu shalat dan shalat jamaah terbatas dengan jarak minimum 1 meter tiap jamaah,” kata Pimpinan DMI Surakarta Drs. Syamsuddin.

Selain itu seluruh takmir juga dianjurkan untuk tetap membersihkan masjid dengan karbol atau sejenisnya.Termasuk juga yang memakai karpet agar digulung.

“Maka Shalat Jumat di Masjid ditiadakan dan masing-masing mengganti dengan Salat Dhuzur di rumah (Fatwa MUI),” ungkap Drs. Syamsuddin.

Dalam sambutannya Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH mengatakan pada saat bulan Ramadhan sekarang ini, pihaknya juga menganjurkan agar beribadah Shalat Tarawih di rumah masing-masing.

“Begitu pula Shalat 5 waktu dan Salat Tarawih pada bulan Ramadhan untuk sementara waktu  agar dilaksanakan di rumah masing-masing,” pungkas Kapolresta.

Selain itu Kapolresta Surakarta juga membagikan bingkisan kepada jamaah masjid yang datang dalam kegiatan silaturahmi tersebut.