Kapolresta Surakarta Hadiri Rapat Pleno Penetapan Cawako dan Cawawako Surakarta

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi menghadiri Rapat Pleno Terbuka penetapan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Surakarta Periode 2020 – 2025 di Ballroom Hotel Swiss Belhotel Solo, Kamis (21/01/2021).

Selain Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIk.MSi , Rapat Pleno tersebut di hadiri oleh Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, S.E., MDS (Dandim 0735 Surakarta), Budi Prasetyo (Ketua DPRD Kota Surakarta) , Nurul Sutarti (Ketua KPU Kota Surakarta), Budi Wahyono (Ketua Bawaslu Kota Surakarta), Gibran Rakabuming Raka (Calon Walikota Terpilih), Teguh Prakosa (Calon Wakil Walikota Surakarta Terpilih), Aris M (LO Pemenangan BAJO) , YF Sukasno (LO Pemenangan Gibran – Teguh), Eko Widi (Kejari Surakarta), Kikin Sultanul Hakim(Asisten Pemerintah Kota Surakarta).

Dalam Sambutannya Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengatakan KPU Kota Surakarta akan menyelesaikan tahapan terakhir karena setelah penetapan tugas KPU sudah selesai tinggal mengusulkan pelantikan serta evaluasi dan laporan pertanggung jawaban kepada pihak terkait.

“Tahapan siang ini adalah rapat pleno penetapan Paslon terpilih sudah sesuai ketentuan karena setelah dipastikan tidak ada atau tidak tercatat register perkara di MK dan kota Surakarta tidak ada sengketa dan surat dari KPU RI resmi sudah di terima maka paling lama 5 hari harus ada penetapan,” ucap Nurul.

“Maka hari ini bersama beberapa KPU kota lain hari ini berdasar PKPU No 5 thn 2020 dan di umumkan melalui kep KPU Kota Surakarta, Rapat Pleno siang ini akan menghasilkan produk hukum nya Berita Acara paslon terpilih dan SK Penetapan Paslon terpilih .Dua produk hukum ini yang akan menjadi acuan dasar pengusulan dan pengangkatan. Ketentuan nya setelah sehari penetapan KPU wajib menyampaikan ke DPRD untuk Paslon di usulkan dan di lantik maka tugas kami selesai,” imbuh Ketua KPU.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan Pilwakot Surakarta tahun 2020 karena kerja sama semua instansi termasuk perhatian dari para jurnalis yang berkontribusi pada Pilwakot serta mohon maaf bila dalam melayani ada kekurangan,” pungkasnya.