Kapolresta Surakarta Menghadiri Deklarasi Kampanye Damai di Hotel Sunan

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta- Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi menghadiri acara Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerapan protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 dalam Pilkada Surakarta 2020, Sabtu(26/09/2020).

Sebelum memasuki Hotel Sunan, Kapolresta Surakarta menerapkan protokol Covid-19 dengan mencuci tangan, menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

Dalam sambutannya siang tadi, Kapolres Belu menegaskan kepada pasangan calon untuk mematuhi aturan kampanye, mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan mempedomani peraturan KPU no.13 tahun 2020 dan Maklumat Kapolri dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

“Disini kami minta pelaksanaan kampanye nanti tidak ada konvoi-konvoi, karena kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan. Dan selama tahapan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak”kata Kapolres Surakarta.

“Karena disini PKPU Nomor 13 dan maklumat Polri sudah cukup tegas dalam mengatur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Pilkada. Kalau Kita mengikuti aturan yang ada, Pilkada Serentak ini akan berjalan dengan sukses, tertib, dan lancar, juga aman dari Covid-19,” imbuh Kapolresta Surakarta.

Dalam tahapan kampanye yang berlangsung selama 71 hari kedepan, Kapolres meminta paslon baik dari Gibran Teguh dan Bajo , untuk mengedepankan kampanye damai, berkampanye sesuai dengan karakter Masyarakat kota Surakarta serta tidak menimbulkan rasa benci dalam berkampanye.

Kapolresta Surakarta menambahkan bahwa Polresta Surakarta sudah siap mengamankan tahapan kampanye dan menjamin keamanan bagi peserta Pilkada dan masyarakat Kota Surakarta.

“Kami harapkan pasang calon bersama tim kampanye mamatuhi seluruh regulasi kampanye, berkampanye santun serta memperhatikan protokol Covid-19 dan Maklumat Kapolri. Apabila melanggar maka polisi akan bertindak tegas membubarkan kampanye”Tegas Kapolresta Surakarta.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan pakta Integritas disusul dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Pasangan Paslon Gibran Teguh dan Paslon Bajo.

Usai penandatanganan pakta integritas, dilanjutkan dengan pembacaan Ikhrar Kampanye oleh Kedua pasangan Calon Walikota dari Gibran Teguh dan Bajo, dilanjutkan dengan Penandatanganan ikrar kampanye.

Deklarasi dan Komitmen Kampanye Damai di Masa Pandemi Covid-19 ditandatangani oleh Paslon No urut 1( Gibran Teguh) , Tim Kampanye Paslon No urut 1, Paslon No urut 2 ( Bajo), Tim Kampanye Paslon No urut 2, Kapolresta Surakarta, Dandim 0735 Surakarta, Ketua KPU Kota Surakarta, Ketua Bawaslu Kota Surakarta, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 kota Surakarta.

“Mudah-mudahan pelaksanaan kampanye nanti, bisa berjalan sesuai aturan yang sudah ada karena keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi”pungkas Kapolresta Surakarta.