Kapolresta Surakarta Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2021

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kepolisian resor kota Surakarta hari ini melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 bertema “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kita Tingkatkan Sinegritas Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”, di Halaman Polresta Surakarta, Rabu (05/05/2021).

Bertindak Pemimpin Apel, Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,,SIK.MSi dan Perwira Apel Kabagops Polresta Surakarta Kompol I Ketut Sukarda,SH serta Komandan Apel Kanit Regident Lantas Polresta Surakarta AKP. Marwanto, SH, MH. serta Apel diikuti Ton Denpom IV/4 Surakarta, Ton Kopassus Grup 2 , Ton Kodim 0735/Ska,Ton Brimob Den C Pelopor, Ton Dalmas Sat Samapta, Ton Sat Lantas, Ton Polwan, Ton Bhabinkamtibmas, Ton Sat Reskrim, Sat Intelkam, Ton Sat Resnarkoba, Ton Dishub Surakarta,Ton Satpol-PP, Ton Damkar,Ton Dinkes, Ton BPPD, Ton Senkom, Ton Rapi/ Orari,Ton Ormas ( PDI Perjuangan,Banser ) dan Ton Pramuka.

Hadir pula, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakosa,Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf. Deddy Suryadi, Wakapolresta Surakarta AKBP. Deny Heryanto, SIK, MSI, Dandim 0735/Ska Letkol Inf. Wiyata Sempana Aji SE MDS, Segenap unsur Forkopimda Kota Surakarta, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu Undangan, Pejabat Utama Polresta Surakarta dan Kapolsek jajaran Polresta Surakarta.

Dalam apel tersebut, Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi membacakan Amanat Kapolri, memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan hari raya idul fitri 1442 H dengan aman, nyaman, tertib dan lancar ditengah suasana pandemi covid 19 yang masih melanda berbagai kesiapan tentunya sudah dibuat oleh masing-masing kementerian dan lembaga terkait oleh jajaran kepolsian.

Selain itu Kapolresta Surakarta menyampaikan delapan penekanan Kapolri yakni Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME; Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat; Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H; Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system; Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas; Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi; Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Kedelapan, pastikan petugas frontliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali.

Kapolresta Surakarta mengharapkan, dukungan seluruh masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan kota Surakarta tetap aman,sehat, damai dan kondusif.

“Menjelang hari raya idul Fitri 142 H, ini sekaligus mengajak untuk bersama Polri dan stakeholder lainnya mendukung pemerintah dalam pencegahan covid 19 dengan tidak melakukan mudik,”ujar Kombes. Pol. Ade Safri Simanjuntak,,SIK.MSi.(Y19)