Kapolresta Surakarta Pimpin Pengamanan Penyampaian Pendapat di Gladak

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH turun langsung memimpin pengamanan aksi demo yang dilakukan oleh elemen masyarakat di Bundaran Gladak kota Surakarta, Minggu (14/06/2020).

“Untuk pengamanan yang dilakukan oleh elemen masyarakat tersebut, kita menerjunkan 150 anggota dari seluruh kesatuan yang ada di Polresta Surakarta serta dibackup oleh Sat Brimob Kompi C Surakarta dan Kodim 0735/Surakarta ,” ujar Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH di sela-sela kesibukannya dalam pengamanan aksi.

“Alhamdulillah, aksi yang dilakukan oleh eleman masyarakat tadi berlangsung aman dan tertib. Secara sopan para orator itu menyampaikan aspirasinya dihadapan massa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan aksi tersebut,” ujar Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH.

Dalam pengamanan Aksi tersebut, sambung Kapolresta Surakarta, pihaknya menggunakan cara-cara humanis kepada para massa yang turun kejalan tersebut.

“Berkaca dari aksi-aksi demo di daerah lain yang berakhir ricuh, maka kami menggunakan cara-cara humanis dalam pengawalan aksi tersebut. Kami cinta Solo, makanya kami turun langsung mengawal aksi tersebut dan menghimbau kepada para massa agar tertib dalam berorasi maupun menyampaikan aspirasinya,” tutur Kapolresta.

Lebih lanjut, Kapolresta mengatakan, pengamanan aksi demo dengan cara humanis terhadap siapa pun yang melakukan aksi demo, maka In Sya Allah kondisi akan aman, tertib dan terkendali.

“Dalam pengamanan aksi tersebut, kami melibatkan semua fungsi, seperti Intel, Reskrim, Lantas, Binmas dan polisi berseragam. Adapun, fungsi polisi berseragam langsung berhadapan dengan massa dan berkomunikasi dengan massa, baik bagian negosiatornya maupun dengan pengendalian massanya,” pungkas Kapolresta.