Kasespimma Tutup Kuliah Kerja Lapangan di Polresta Surakarta

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta – Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri Brigjend Pol Drs Heri Sulistianto tutup Kuliah Kerja Lapangan yang dilaksanakan oleh Sekolah Pimpinan Pertama (Sespimma) angkatan ke-64 tahun 2020 Pokjar (Kelompok Belajar) IV di Polresta Surakarta , Sabtu (14/11/2020).

Penutupan Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan di Hotel Sunan Solo ini dihadiri oleh Wakapolresta Surakarta AKBP Deny Heryanto, SIK, Msi, Pejabat Utama Polresta Surakarta dan Kapolsek jajaran Polresta Surakarta.

Peserta didik dari Sekolah Pimpinan Pertama (Sespimma) angkatan ke-64 tahun 2020 melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Polresta Surakarta, dimulai dari hari Kamis (12/11/2020) hingga Sabtu (14/11/2020)

Kegiatan yang mengusung tema “Manajemen Operasi Kepolisian Polresra Surakarta Guna Mengamankan Pilkada dalam Rangka Mewujudkan Harkamtibmas yang Kondusif” ini dilaksanakan baik secara langsung dan sebagian daring.

“Untuk KKL tahun ini memang serasa berbeda dari tahun sebelumnya, kami prioritaskan secara daring. Dengan digelarnya di Solo, supaya mereka (peserta didik) mencari dan mengumpulkan data dari Polres yang memiliki tingkat kompleksitas permasalahan yang tinggi.  Sehingga mampu menghadapi kendala pekerjaan di masa mendatang,” terang Pawas Serdik Sespimma Pokjar IV, Kombes Pol Purwanto kepada wartawan.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini peserta didik mampu memahami kompleksitas kondisi lapangan secara nyata. Dengan, menggali informasi dari sejumlah narasumber yang telah disediakan dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya memaparkan berbagai fakta terkait pelaksanaan Pilkada yang ada di Kota Bengawan. Mulai dari adanya dua pasangan calon (Paslon) yang bertarung di Pilwakot Solo, yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supadjo. Termasuk, kondisi aktual pasca debat pertama kedua Paslon yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Selama 3 hari peserta didik melaksanakan kuliah di sini dengan maksimal. Rekan-rekan PJU all out untuk membantu kelancaran kuliah ,” kata Kapolresta Surakarta

Perwakilan peserta didik Sespimma angkatan 64, Suharjo mengatakan, pihaknya akan menggali secara serius terkait penyelenggaraan Pilkada di Kota Solo.

“Harapan kami, semoga dalam penyelenggaraan Pilkada nanti dapat berjalan baik,” katanya.

Dalam kegiatan ini, telah dilaksanakan FGD (Forum Grup Discusion) dengan perwakilan dari DPRD Kota Solo Wahyu Haryanto, Komisioner KPU Solo Suryo Baruno, dan Komisioner Bawaslu Poppy Kusuma.

Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri Brigjend Pol Drs Heri Sulistianto dalam sambutannya mengharapkan kepada peserta didik memanfaatkan waktu yang terbatas untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya di Polresta Surakarta sehingga dapat bermanfaat pada penugasan ke depan.

“Saya menyadari bahwa penelitian yang dilakukan oleh serdik siswa Sespimma Polri belum sempurna karena keterbatasan waktu,” papar Kasespimma.

“Namun hal tersebut merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi serdik Sespimma Polri dalam penugasan ke depan,” terang Kasespimma.