Kunjungan Kapolresta Surakarta ke rumah Hasan Mulachela

 

Surakarta — Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, SIk.MSI menyambangi tokoh-tokoh masyarakat di wilayah tugasnya. Salah satu tokoh masyarakat yang disambangi oleh perwira melati tiga ini adalah Habib Hasan Mulachela di Kawasan Pasar Kliwon, Senin (18/1).

“Ini dalam rangka ikut menyamakan visi menjaga dan memelihara Kamtibmas Kota Solo dalam keadaan sejuk dan kondusif,” terang Ade didampingi Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Adis Dani Garta.

Mereka terlibat perbincangan hangat di ruang tamu selama satu jam. Salah satu yang dia sampaikan ke Hasan, meminta bantuan untuk membantu Polri dalam hal ini menjaga dan memelihara Kota Solo dalam keadaan aman dan tenteram.

Menurutnya, agenda sambang serupa juga dilakukan ke masing-masing pasangan calon (paslon) terpilih, ketua tim pemenangan, maupun ketua parpol pengusung dan pendukung.

“Semua dalam satu frekuensi yang sama agar Kota Solo aman untuk masyarakat bersama,” tegas mantan Kapolres Karanganyar tersebut.

Sementara Hasan Mulachela menyambut baik kunjungan tersebut.

“Intinya sebagai masyarakat bersinergi dengan kepolisian,” ujar politisi senior PPP itu.

Seperti diberitakan, Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti  mengatakan berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor. 19/2020, Pasal 54 ayat (1) rapat pleno penetapan pasangan cawali-cawawali terpilih dilakukan dalam rapat pleno terbuka, dengan dihadiri semua pasangan cawali-cawawali, partai politik pengusung dan unsur Bawaslu.

Menyinggung soal pelantikan paslon wali kota dan wakil kota terpilih, masih menunggu kepastiannya, dan Akhir Masa Jabatan (AMJ) untuk pejabat lama, pada 17 Februari 2021.

“Soal pelantikan paslon wali kota dan wakil wali kota terpilih merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah, masih menunggu kepastiannya,” kata Nurul.

Diketahui, paslon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso dalam Pilkada Surakarta 2020 yang diusung PDIP mendapatkan suara 86.55 persen, sedangkan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo), yang diusung melalui perseorangan meraih suara sekitar 13,45 persen