Nekat Adakan Demo Tak Berijin, Kelompok Massa Dibubarkan dan Diamankan Personel Polresta Surakarta

Tribratanewsjateng.polri.go.id, Surakarta – Tim Gabungan Polresta Surakarta membubarkan kerumunan massa di sekitaran SPBU Manahan kota Surakarta, Kamis(24/9) sore.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi mengatakan Saat dilakukan koordinasi, kerumunan massa tersebut hendak melakukan longmarch menuju Kantor DPRD kota Surakarta guna melaksanakan aksi demo.

“Sebelumnya memang dari kelompok massa sudah memberikan surat pemberitahuan terkait aksi tersebut namun pihak Polresta Surakarta tidak memberikan ijin. Pelarangan tersebut dikarenakan kegiatan tersebut berpotensi mengakibatkan kerumunan massa yang rawan terjadi penularan virus di tengah wabah covid-19 saat ini”, imbuh Kapolresta.

“Kami melarang semua bentuk kegiatan di tengah pandemi ini yang berpotensi mengumpulkan massa dan berakibat pada kerumunan massa. Karena sangat rentan terhadap masifnya penyebaran dan penularan Covid-19 di tengah pandemi ini” jelas Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, S.I.K.,M.Si

Petugas awalnya melakukan pendekatan persuasif dan humanis agar massa dapat membubarkan diri dan mematuhi protokol kesehatan di massa pandemi covid-19. Namun karena adanya provokasi dan tidak mau mematuhi protokol kesehatan, sejumlah oknum terpaksa diamankan petugas ke Mako Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta menambahkan Setelah dilakukan penggeledahan, bahkan ditemukan beberapa senjata tajam dan senjata tumpul dari beberapa oknum tersebut.

Kapolresta Surakarta meminta masyarakat untuk aktif bekerja sama dengan petugas untuk bergotong royong menekan laju penyebaran virus covid-19 yang terus meningkat. “Jangan maunya menang sendiri dan arogan,” tegas Kapolresta.

Personel Polresta Surakarta mendapat backup dari Ditsamapta Polda Jateng, Sat Brimob Polda Jateng, Korem 074/Warastratama, dan Kodim 0735/ Surakarta saat melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut.