Operasi Gabungan Polresta Surakarta bersama Instansi Terkait, Jaring 119 Warga Tak Bermasker

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta- Pagi tadi Kepolisian resor kota Surakarta bersama instansi terkait melaksanakan operasi yustisi bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan yakni dalam hal pemakaian masker, Senin (14/09/2020).

Kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kabagops Polresta Surakarta Kompol I Ketut Sukarda,SH didampingi Sekretaris sat pol PP kota Surakarta Didik Anggono HKS, S.Hut, M.Si di bagi dua tim yakni tim 1 di Sepanjang jalan Diponegoro, Ngarsopuro dan depan Keraton Mangkunegaraan , untuk tim 2 di sepanjang jalan slamet riyadi, sp. Tiga jalan teuku umar kota Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.Msi melalui Kabagops Kompol I Ketut Sukarda,SH mengatakan kegiatan tersebut merupakan Pelaksanaan Inpres 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dan penegakan perwali kota surakarta no 24 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokoler kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid 19 di kota surakarta

“Adapun Kegiatannya di laksanakan dengan cara melaksanakan kegiatan operasi yustisi gabungan di jalan raya dengan menggunakan papan petunjuk operasi masker dari satpol PP sebagai leading sektornya dimana POLRI dan TNI bersifat pendampingan dalam penegakan perwali no 24 tahun 2020”, imbuh Kompol I Ketut Sukarda,SH.

Kabagops Kompol I Ketut Sukarda,SH menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan operasi yustisi tadi pagi, tim gabungan menjaring 119 warga yang tidak memakai masker yakni untuk di wilayah Sepanjang jalan Diponegoro, Ngarsopuro dan depan Keraton Mangkunegaraan dijaring 62 warga yang melanggar diantaranya 55 warga dewasa, 3 lansia dan 1 anak dibawah umur, sedangkan di sepanjang jalan slamet riyadi, sp. Tiga jalan teuku umar dijaring 57 warga yang melanggar diantaranya 52 dewasa, 4 lansia dan 1 dibawah umur.
“Selanjutnya untuk warga yang tidak memakai masker dikenakan sanksi dengan kriteria bagi pelanggar yang di bawah umur sebanyak 5 orang di berikan sanksi berupa menyanyikan lagu garuda pancasila dan menghafal sila- sila dari pancasila, Bagi pelanggar yang lansia sebanyak 7 orang di minta untuk membuat pernyataan, bagi pelanggar yang sudah dewasa di berikan sanksi kerja sosial berupa bersih- bersih kali PP sebanyak 61 orang. Dan sisanya sebanyak 46 orang bawa masker namun penggunaannya tidak sesuai aturan sehingga di berikan sanksi teguran tertulis”, pungkas Kabagops.