Pastikan Aman, Tertib, Lancar, Nyaman dan Sehat, Polresta Surakarta Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Perayaan Paskah 2021

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kepala Bagian Operasi ( Kabagops) Polresta Surakarta memimpin gelar pasukan kesiapan pengamananan perayaan hari raya paskah tahun 2021 di Halaman Polresta Surakarta, Rabu (31/03/2021).

Gelar pasukan tersebut bertujuan memastikan sumber daya organisasi yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan perayaan Paskah di Gereja-gereja di Kota Surakarta, mulai hari Rabu sore hingga hari Minggu sebagai puncak perayaan Paskah serta menguatkan soliditas keterpaduan intitusi Polri dan TNI, serta segenap elemen dan komponen masyarakat yg dilibatkan dalam tugas pengamanan dimaksud.

Hadir pada apel tersebut Kabag Sumda Polresta Surakarta AKBP. Sis Raniwati, SH, MH,Wadanyon C Brimob Polda Jateng Kompol. Langgeng, Kasat Samapta Polresta Surakartaa Kompol. Sutoyo, S.Sos dan Pasi Ops. Kodim 0735 Ska Kapten. Inf. Mulyono serta 500 personil Gabungan baik dari TNI Kodim 0735/Surakarta, Sat Brimob Kompi C Polda Jateng, Polresta Surakarta dan Polsek Jajaran Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi melalui Kabagops Kompol I Ketut Sukarda,SH dalam sambutannya berharap dengan penggelaran dan apel kesiapan pengamanan ini, diharapkan dapat memberikan jaminan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Surakarta umumnya dan umat nasrani khususnya dalam melaksanakan rangkaian kegiataj perayaan paskah tahun 2021 ini. Sekaligus sebagai pengecheckan terakhir kesiapan dan persiapan seluruh sumber daya organisasi yang akan dilibatkan dalam tugas pengamanan Perayaan Paskah tahun 2021 ini.

“Sedangkan cara bertindak petugas dilapangan, yakni ditempatkan personil gabungan pam terbuka baik dari TNI, Brimob dan Polresta Surakarta yang dilengkapi dengan persenjataan serta personel pengamanan tertutup secara stasioner selama 24 jam di gereja – gereja di Kota Surakarta tersebut sampai puncak perayaan paskah pada hari Minggu (04/03/2021) mendatang,” jelas Kabagops.

“Selain itu kita juga akan melaksanakan patroli gabungan skala besar, yakni pasukan dari Kopasus grup 2 Kandang Menjangan, AURI Lanud Adi Soemarmo, Kodim 0735/ Surakarta, Polresta Surakarta dan Sat Pol PP kota Surakarta, dalam rangka menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas tetap dalam keadaan kondusif selama perayaan Paskah di Kota Surakarta,” imbuhnya.

“Untuk Tim Jihandak Brimob dan Unit Pol Satwa K-9 Sat Samapta Polresta Surakarta juga kita siapkan untuk mensupport pasukan pengamanan yang dilibatjan serta melakukan sterilisasi gereja – gereja yang akan digunakan untuk perayaan paskah, sebelum misa berlangsung.

Ditempat terpisah Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi menyampaikan bahwa Polri sebagai representasi hadirnya negara dalam harkamtibmas dengan dukungan unsur TNI, Pemkot dan segenap elemen dan komponen masyarakat lainnya akan secara optimal memberikan jaminan keamanan selama perayaan Paskah berlangsung serta sekaligus menghimbau kepada masyarakat Surakarta umumnya dan umat nasrani khususnya agar selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19 selama gelaran perayaan paskah tahun 2021, yakni selalu memakai masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas dan interaksi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.