Petugas Gabungan Bakal Bubarkan Kerumunan Rest Area Diatas 50 Orang

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta– Operasi Lilin Candi mulai digelar sejak Senin (21/12) kemarin. Operasi yang melibatkan personel gabungan dari unsure gabungan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, Basarnas, hingga BPBD ini bertujuan agar tak terjadi peningkatan lonjakan kendaraan hingga berakibat naiknya penyebaran Covid-19.
“Kalo kita lihat arus lalu lintas belum begitu ramai, masih landai artinya belum ada lonjakan kendaraan,” terang Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Sutisna kepada wartawan, Selasa (22/12).
Lonjakan kendaraan, kata Iskandar, diprediksi akan terjadi pada Rabu (23/12) besok. Pihaknya akan memantau seluruh rest area di Jawa Tengah mulai dari Brebes hingga Sragen. Diperkirakan ada 5-6 rest area yang akan dilangsungkan Test Rapid Antigen. Selain itu, pihaknya juga tak akan ragu membubarkan kerumunan di kawasan rest area.
“Kerumunan lebih dari 50 orang, kita bubarkan itu sudah pasti,” tegasnya.
Tak hanya berlangsung di jalan raya, Pengamanan Personil Gabungan ini juga berlangsung di pusat perbelanjaan, transportasi umum hingga tempat rekreasi. Meski Operasi Lilin Candi 2020 ini bersifat kemanusiaan tanpa tindakan namun Polda Jateng akan tetap menindak tegas siapapun yang melanggar protokol dengan ancaman Undang-Undang tentang Kesehatan.
“Bahkan, dapat berujung pidana,” katanya.