Polresta Surakarta Gelar Apel Serpas Personil Pengamanan TPS Pilkada 2020

 

Tribratanews.jateng polri.go.id,Surakarta- Kepolisian resor kota Surakarta menggelar Apel Serpas Pengamanan TPS Ops Mantap Praja Candi 2020 di Lapangan Parkir Stadion Manahan kota Surakarta, Selasa (08/12/2020) pagi.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi didampingi Dandim 0735/ Surakarta Letkol.Inf. Wiyata Sempana Aji,SE.MDS bertindak sebagai pimpinan Apel yang dihadiri personil Wakapolresta AKBP Deny Heryanto,SIK.MSi ,Para PJU,Pama dan Bintara Polresta Surakarta, Kodim 0735/ Surakarta dan Polsek-polsek Jajaran serta Sat Pol PP kota Surakarta.

Dalam amanatnya, Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi menyampaikan maksud dan tujuan apel ini untuk
mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri termasuk unsur terkait sebelum pengamanan di TPS.

Selain Kapolresta juga mengatakan bahwa tanggal 9 Desember 2020 besok kita akan melaksanakan pengamanan tahap pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara yang terdapat 1231 TPS di kota surakarta dengan melibatkan personil pengamanan di TPS sebanyak 286 personil.

“Dalam Pilkada pastikan aman dan sehat maka dari itu mari kita samakan visi dan misi kita dalam Pilkada yang aman damai sejuk dan sehat tidak ada klaster baru di Pilkada maka kuncinya protokol kesehatan harus diterapkan semaksimal mungkin,” tegas Kapolresta.

“Ada 3 klaster TPS yaitu klaster aman rawan dan sangat rawan dan di kota Surakarta ada 2 klaster yaitu TPS aman dan rawan, ada 8 TPS rawan yang kita perkuat dalam pengamanan TPS tersebut.
Secara nasional solo tidak ada kerawanan namun kita tetap perkuat TPS tersebut untuk TPS aman 2 personil 10 TPS, dari TNI 1 personil dan Linmas per TPS 2 orang,” jelas Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIk.MSi.

Kapolresta menambahkan kita akan tempatkan 1 tim pengurai kerumunan yang ditempatkan di masing masing kecamatan untuk mengurai kerumunan di TPS yang rekan rekan bertugas, apabila menemukan kerumunan segera pancarkan dari ht agar tim penindak kerumunan segera datang ke TPS, Selanjutnya pam TPS agar membawa megaphone dalam pelaksanaan tugas dilapangan, saya berharap rekan -rekan yang pengamanan bisa melakukan himbauan agar tidak terjadi kerumunan himbau dengan baik dan santun.

“Jaga betul netralitas TNI Polri dalam pelaksanaan Pilkada ini mari kita saling mengingatkan sehubungan netralitas TNI Polri. Jaga betul performa rekan- rekan di TPS, kita menjadi duta protokol kesehatan yaitu selalu gunakan masker dan kacamata karena corona bisa masuk melalui hidung mulut dan mata,” imbuh Kapolresta.

” Saya ingatkan bahwa tugas adalah suatu kehormatan bagi seorang prajurit maka setelah acara ini saya mengucapkan selamat bertugas di medan tugas dan saat pulang nanti membawa keberhasilan,” pungkas Kapolresta Surakarta.

Dandim 0735/ Surakarta Letkol.Inf. Wiyata Sempana Aji,SE.MDS menambahkan bahwa TNI Polri siap membeckup keamanan di kota Surakarta sinergitas loyalitas adalah harga mati. Dikarenakan saat sekarang masih pandemi mari kita jaga betul kesehatan kita, marilah kita laksanakan tugas ini sebagai ibadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dalam melaksanakan tugas di kota surakarta.