Polresta Surakarta Gelar Pelatihan Dai Kamtibmas Tahun 2020

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Pagi tadi Kepolisian resor kota Surakarta menggelar pelatihan Dai Kamtibmas tahun 2020 di Tawangarun Lantai 2 Balaikota Surakarta yang dipromotori oleh Sat Binmas Polresta Surakarta, Rabu (23/12/2020).

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol.Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi melalui Wakapolresta AKBP Deny Heryanto,SIK.MSi dalam sambutannya mengatakan diera Globalisasj dan modernisasi ini peran ulama sangat penting dalam mengubah kehidupan umat islam menjadi lebih baik karena ulama sejatinya adalah pewaris para Nabi.Dan ditangan ulama lah Umat Islam menggantungkan harapannya baik tidaknya sebuah masyarakat islam tergantung pada ulamanya.

“Dan pada hari ini kita laksanakan pelatihan Dai Kamtibmas dengan tujuan untuk menyamakan persepsi tentang peran para Dai dalam turut serta menjaga Kamtibmas khususnya dikota Surakarta,” imbuh Wakapolresta Surakarta.

“Dai mempunyai peranan penting dalam bernegara , masyarakat membutuhkan kehadiran para Dai dalam kehidupan sehari – hari,Hal ini melihat Indonesia merupakan negara dengan Jumlah penduduk muslim terbesar di dunia dan mayoritas masyarakat kita pemikirannya masih menganut pada seruan tokoh, mulai dari tokoh politik , tokoh budaya , aktivis hingga tokoh agama dan dari semua itu tokoh agama memiliki peran nomor satu yang didengar oleh masyarakat dibanding tokoh lain,” ucap AKBP Deny Heryanto,SIk.MSi.

Wakapolresta menambahkan Untuk itu kedudukan Dai ditengah tengah masyarakat mempunyai peranan yang cukup besar, baik karena ilmunya maupun keteladanannya dalam pengalaman keagamaan dan bisa dikatakan bahwa Dai Kamtibmas adalah garda terdepan sebagai pembimbing Umat beragama dalam rangka pembinaan mental, moral dan ketaqwaan kepada Tuhan YME serta segala aspek pembangunan melalui Bahasa Agama.

“Kehadiran Dai Kamtibmas salah satunya adalah untuk mengantisipasi masuknya faham Radikal bahkan kelompok ISIS khususnya dikota Surakarta Yang kita cintai ini,” jelas Wakapolresta.

Dalam kegiatan tersebut selain Wakapolresta juga dihadiri oleh Kasdim 0735/Ska Mayor Inf. Alfian Yudha Praniawan, Kasat Binmas AKP Febriyani Aer,SIK.MH, Asisten Pemerintahan Kesra Sekda Surakarta Kinkin Sultarul Hakim,SH.MM,Ketua MUI Surakarta KH.Drs. Subari, Pengasuh Ponpes Al Muayyad Windan KH. Drs.Muh Dian Nafi,MPD, Kanit Kamsa AKP Kanestri, Panit Binkamsa AKP Sudarman, Kanit Bintibmas Iptu Winarsih serta para Dai Kamtibmas kota Surakarta.