Polresta Surakarta Laksanakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah covid 19

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Surakarta- Disamping melakukan pencegahan penyebaran dan penanganan pasien Covid-19, ada hal yang lebih penting yang masih terkait Covid-19, yaitu tata cara mengurus atau pemulasaraan jenazah Covid-19.

Mengurus jenazah Covid-19 perlu penanganan khusus, hal ini yang kemudian mendorong Polresta Surakarta dan Rumah Sakit Dr. Moewardi menyelenggarakan pelatihan penanganan Jenazah Covid-19.
Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Mapolresta Surakarta ini dihadiri Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Andy Rifai,SIK.MH , Kabag Sumda Polresta Surakarta Kompol Sis Raniwati,SH, Dr. Wahyudi Atmoko ( Ketua Tim dari RS. Dr. Moewardi), Personil Polresta Surakarta sebanyak 60 ( Enam puluh ) personil serta Tim penanganan jenazah Covid 19 RS Dr. Moewardi dan Relawan sebanyak 5 ( Lima ) personil.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH mengatakan, yang mendapatkan pelatihan ini selanjutnya akan menjadi tim khusus yang membantu tim medis melakukan pemulasaraan jenazah Covid-19.

“Alhamdulillah tadi kita berkumpul sesuai protap Covid-19, dalam rangka pelatihan, nantinya bersama-sama akan membentuk satu tim khusus pemulasaraan jenazah, tim inilah yang akan bantu rekan-rekan medis,” ungkap Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH.

Melalui pelatihan yang dilaksanakan tim khusus tersebut bisa tahu hal apa saja yang harus laksanakan dan dilakukan dalam mengurus jenazah yang terpapar virus Corona.

“Tentunya kita tanyakan kepada ahlinya yaitu tim medis yang lebih tahu SOP-nya, seperti alat yang harus dipersiapkan. Untuk alat pemulasaraan jenazah kita simpan di gudang Klinik Bhayangkara Polresta Surakarta agar bilamana ada yang meninggal dunia karena virus Corona kita siap membantu,” terang Kapolresta Surakarta.

“Jadi bila mana ada yang meninggal dunia kita siap untuk melaksanakan pemulasaraan jenazah, peran kita bergabung dengan tenaga medis, agar giat kita maksimalkan SOP nya,” tutup Kapolresta Surakarta