Polresta Surakarta Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Pengiriman Liquid Oksigen ke Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid 19 di Kota Surakarta

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta- Polresta Surakarta mengamankan dan mengawal jalur distribusi oksigen medis dari depo di Jakarta ke sejumlah rumah sakit di kota Solo dan Yogyakarta. Pengamanan dan pengawalan dilakukan untuk mempercepat pengiriman distribusi oksigen yang sangat dibutuhkan para pasien COVID-19 di rumah sakit rujukan.

Personil Polresta Surakarta melakukan pengamanan dan pengawalan tabung yang diangkut truk yang digunakan untuk mengisi ulang oksigen liquid pada tabung oksigen milik sejumlah rumah sakit yang ada di kota Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi melalui Kasat Samapta Kompol Sutoyo,S.Sos mengatakan bahwa pagi tadi personil Sat Samapta Polresta Surakarta melakukan pengawalan pendistribusin liquid oksigen di kota Surakarta dan kota Yogyakarta sebanyak 11,7 Ton.

“Tujuan pendistribusian oksigen tersebut yakni ke rumah sakit Bung Karno Ngipang, Rumah Sakit Kasih Ibu, termasuk Rumah sakit Sarjito Yogyakarta,” ucap Kompol Sutoyo.

Kegiatan pengamanan dan pengawalan tersebut dimulai sejak pagi tadi hingga malam hari ini dan berjalan aman, lancar serta tidak ada kendala apapun diperjalanan.

Kasat Samapta menambahkan pengamanan dan pengawalan tersebut sebagai wujud pelayanan Polri untuk mengakselerasi dan mengamankan alur pendistribusian oksigen di beberapa rumah sakit yang ada di kota Surakarta.

“Tujuan pengamanan dan pengawalan yang diberikan adalah untuk mempercepat distribusi oksigen agar aman, lancar dan bisa tepat waktu sampai di rumah sakit serta digunakan untuk merawat pasien COVID-19 yang membutuhkan,” imbuhnya.

Ditempat terpisah Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi menjelaskan kegiatan ini akan terus kami lakukan untuk menunjang pengobatan pasien COVID-19. Akan kami lakukan pengamanan dan pengawalan distribusi oksigen terhadap semua rumah sakit yang membutuhkan. Sehingga kami siap 24 jam mengamankan dan mengawal distribusi oksigen ke RS yang ada di kota Solo. Bahkan Polresta Surakarta juga menyiapkan armada truck Polresta Surakarta yang siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menjemput bola dalam pengambilan oksigen langsung ke Distributor, agar distribusi oksigen tidak ada hambatan dan bisa tiba tepat waktu.

Tidak hanya itu, Polresta Surakarta juga menerjunkan satgas untuk memastikan harga tabung oksigen di luar rumah sakit tetap normal. Termasuk kami juga turunkan tim untuk mengecek semua toko obat di wilayah kota Surakarta, untuk memastikan ketersediaan obat dan jaminan harga yang sesuai dengan ketentuan HET dari Kemenkes RI.

“Terkait informasi adanya penjualan tabung oksigen di atas harga normal, kami sudah kerahkan tim untuk mengecek semua tempat penjualan oksigen. Ternyata stock mereka memang kosong karena memang distribusi difokuskan saat ini untuk rumah sakit semua,” jelasnya.