Polresta Surakarta Lakukan Rikmin Awal Berkas Pendaftar Calon Anggota Polri

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta – Polresta Surakarta bersama instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dindukcapil, Balai Pengendali Pendidikan Menegah dan Khusus (BP2MK) melakukan pemeriksaan administrasi (rikmin) awal terhadap berkas ,tinggi badan dan berat badan bagi pendaftar calon anggota Polri TA 2020 di ruang PPKO Polresta Surakarta, Jumat (03/07/2020).

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andi Rifai,SIK.MH melalui Kabagsumda Kompol Sis Raniwati,SH mengatakan Polresta Surakarta selaku panitia lokal penerimaan anggota Polri TA 2020 melakukan pengecekan terhadap berkas administrasi, tinggi badan serta berat badan bagi pendaftar calon Akpol dan Tamtama Polri , yang mana selama melakukan pemeriksaan kegiatan tersebut diawasi oleh pengawas internal maupun eksternal.s

” Bagi pendaftar calon anggota Polri selama kegiatan pemeriksaan wajib mematuhi protokol kesehatan dengan cuci tangan , masuk bilik antiseptik , pengecekan suhu oleh Tim Dokkes Polresta Surakarta serta wajib menggunakan masker dan jaga jarak”, imbuh Kabagsumda.

Selain itu memegang teguh prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis (betah) serta Clear & Clean. “Maka dari itu, proses pendaftaran calon anggota Polri ini melibatkan banyak pihak. Kita melibatkan pengawas internal maupun eksternal ,” terang Kompol Sis Raniwati,SH.

Kabag Sumda menambahkan ada 22 orang yang telah memasukkan berkas pendaftarannya di Polresta Surakarta. Perinciannya, pendaftar Akpol sebanyak 20 orang terdiri dari 17 pria dan 3 wanita, serta Tamtama sebanyak 2 orang pendaftar pria.

“Namun hingga proses rikmin awal tadi dari 22 pendaftar itu yang dinilai memenuhi syarat untuk ke tahap selanjutnya di tingkat Polda ada 18 orang. Perinciannya antara lain 16 pendaftar Akpol , kemudian 2 pendaftar Tamtama. 3 pendaftar Akpol tidak hadir dan 1 pendaftar kurang tinggi badan sehingga 4 pendaftar Akpol tidak memenuhi syarat”, pungkasnya.