Polresta Surakarta Membuka Pendaftaran Akpol, Bintara dan Tamtama Polri Tahun 2021

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id, Surakarta-Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta kembali membuka pendaftaran anggota Polri mulai 19 Maret hingga 15 April 2021 mendatang.

“Jadi mulai pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Maret kemarin sampai tanggal 12 April untuk Bintara dan Tamtama Polri, serta 15 April untuk Catar Akpol ,” kata Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, S.I.K., M.Si. melalui Kabagsumda AKBP Sis Raniwati, S.H., M.H., Rabu (31/3).

Adapun syarat-syarat untuk pendaftar sendiri, Kabagsumda AKBP Sis Raniwati, S.H., M.H. mengatakan, peserta harus berdomisili di wilayah kota Surakarta minimal satu tahun bagi Catar Akpol dan dua tahun untuk Bintara dan Tamtama Polri, serta ber-KTP asli Kota Surakarta.

“Kemudian syaratnya umur minimal 16 tahun maksimal 22 tahun, untuk tinggi ini beda-beda ya, untuk laki-laki 165 cm, untuk Taruni 163 cm dan Bintara Polwan 160 cm ,” ujarnya.

Kabagsumda menambahkan, bahwa selain Bintara umum juga dibuka pendaftaran untuk bintara yang memiliki keahlian khusus seperti perawat, bidan, pramugari dan Bintara TI (Teknologi Informatika), dan sejak pendaftaran dibuka pada 19 Maret lalu hingga saat ini (31/3) pendaftar sudah mencapai ratusan orang, diperkirakan akan semakin banyak lagi hingga akhir pendaftaran nanti.

Di tempat terpisah Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, S.I.K., M.Si. menerangkan rekrutmen anggota Polri berprinsip BETAH yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Kapolres juga mengingatkan kepada anggota agar tidak menjadi calo penerimaan Polri dan bilamana anggota Polri yang menjadi calo akan dilakukan tindakan tegas pastinya”, terangnya.

Dalam proses pendaftaran sampai dengan seleksi penerimaan, dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.