Polsek Laweyan Gelar Jumat Keliling di Masjid Jami’ M Thohir Purwosari

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta-Dalam rangka menjaga dan memelihara kamtibmas, menguatkan ukhuwah Islamiyah, mengokohkan kemitraan Polisi dan masyarakat serta sebagai implementasi dari Program Presisi Polri khususnya program pemantapan kinerja harkamtibmas, Kapolsek Laweyan AKP Bobby Anugrah Rachman,SIK.MH bersama Personil Polsek Laweyan melaksanakan Program Jum’at Keliling (Jumling) di wilayah hukum Polsek Laweyan, Jumat (11/06/2021).

Program “Jumat Keliling” (Jumling) ini diinisiasi oleh Kapolresta Surakarta dan ditindaklanjuti oleh Polsek Laweyan di wilayah hukumnya.

Adapun program Jumat Keliling (Jumling) kali ini dilakukan di Masjid Jami’ M Thohir Purwosari Kecamatan Laweyan kota Surakarta. Dalam program “Jumat Keliling (Jumling) ini, dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu : datang lebih awal sebelum pelaksanaan sholat jumat ke masjid yang dituju.berkoordinasi dengan takmir masjid untuk melaksanakan karya Bhakti di lingkungan masjid, baik di dalam maupun di halaman masjid agar lingkungan masjid bersih, nyaman dan sehat untuk digunakan ibadah. Selanjutnya melaksanakan sholat Jumat berjamaah bersama jamaah warga masyarakat lainnya. Setelah pelaksanaan sholat jumat, selanjutnya diberikan tali asih untuk masjid yang dikunjungi Program Jumling, berupa alat kebersihan dan peralatan ibadah ssbagau inventaris masjid. Sekaligus dalam program Jumling ini membawa misi menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan Kamseltubcar lantas, menggali informasi seputar Kamtibmas dan himbauan kepatuhan terhadap protokol covid-19 di tengah pandemi saat ini.

Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSI melalui Kapolsek Laweyan AKP Bobby Anugrah Rachman,SIK.MH mengatakan setelah sholat Jum’at usai, Tim Program Jumling menyampaikan pesan kamtibmas dan menghimbau jamaah agar ikut serta secara aktif dalam menjaga dan memelihara kondusifitas Kamtibmas di wilayahnya dan selalu patuh terhadap Protokol Kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Program Jumling ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat secara konsisten di masjid-masjid di wilayah hukum Polsek Laweyan secara bergantian” kata Kapolsek Laweyan.

Yang mana sebelum pelaksanaan sholat Jumat, Personil Polsek Laweyan beserta Kapolsek melaksanakan gotong royong membersihkan masjid tersebut dan sebagai penutup kegiatan alat – alat yang dipakai tersebut diserahkan kepada Takmir Masjid supaya kemudian hari bisa dimanfaatkan oleh takmir masjid untuk melakukan pembersihan masjid.