PPKM Berbasis Mikro Polresta Surakarta Dirikan 5 Posko

 

Tribratanews.surakarta.jateng.polri.go.id,Surakarta-Kepolisian resor kota Surakarta membentuk 5 Posko di Tingkat Kecamatan sebagai Pengawas dan Pengendali ( Wasdal) serta koordinasi tingkat Kelurahan dengan fasilitator Tim Gugus Tugas kota Surakarta.

Tujuannya adalah mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.Msi mengatakan kelengkapan sarana dan prasarana pada Posko yaitu alat pelindung diri (APD), ruang isolasi dan kebutuhan pokok bagi warga terdampak covid-19.

“Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan ditempatkan pada setiap Posko untuk melaksanakan pendampingan petugas kesehatan dalam kegiatan rehabilitasi korban Covid-19,” ucap Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi , Kamis (11/02/2021).

Pihaknya juga mengerahkan personil Polres untuk membantu Bhabinkamtibmas dalam berkerja sama sebagai Unit Kecil Lengkap (UKL) bersama instansi terkait.

“Unit Kecil Lengkap yang terdiri dari ketua RT/RW, Linmas, TNI-Polri, Satpol PP, PKK, Posyandu, Dasawisma, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tenaga kesehatan dan karang taruna akan mengawasi keluar masuk warga di tingkat RT/RW yang masuk dalam zona orange dan merah,” jelas Kombes.Pol. Ade Safri.

Kapolresta Surakarta menambahkan, jika terdapat warga yang datang dari luar kota, maka UKL akan mengarahkan warga tersebut ke ruang isolasi yang telah disediakan di seluruh kecamatan hingga kelurahan di wilayah kota Surakarta.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, tim UKL juga akan selalu mengingatkan warga yang keluar masuk lingkungan RT/RT untuk mencuci tangan dengan sabun ataupun handsanitizer dan memakai masker,” imbuh Kapolresta.

TNI-Polri juga akan melaksanakan sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan secara rutin pada fasilitas umum dan lingkungan pemukiman warga untuk mencegah meluasnya penularan covid-19.