Urkes Polresta Surakarta Lakukan Cek Kesehatan Rutin Tahanan

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesahatan para tahanan, Polresta Surakarta melalui Tim Urusan Kesehatan (Urkes) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Mapolresta, Rabu (10/06/2020) pagi tadi.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol.Andy Rifai,SIK.MH menyampaikan, “Meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat, maka dari itu dilaksanakan pemeriksaan “.

Selain kesehatan, pemeriksaan ini juga dilakukan untuk memastikan tahanan dalam keadaan lengkap dan tidak ada yang melarikan diri.serta dalam melakukan pengecekan kesehatan terhadap puluhan tahanan Urkes Polresta Surakarta didampingi langsung oleh petugas jaga tahanan.

“Pemeriksaan kesehatan para tahanan sudah rutin dilakukan seminggu sekali setiap hari Rabu dan dalam pemeriksaanya meliputi cek tensi dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” kata Paurkes Penata Dr. Edy Wirastho..

Harapannya, jika ada tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya, dapat segera dilakukan tindakan medis terhadap tahanan tersebut. imbuh Paurkes.

Kapolresta menambahkan “Selain penjagaan ketat oleh anggota, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan secara tidak langsung ini turut berkontribusi pada upaya pencegahan tahanan kabur,” .

“Karena keberadaan para tahanan bisa diketahui jumlah pastinya, jika selalu dicek oleh anggota,” pungkas Kapolresta.