Urkes Polresta Surakarta Lakukan Rapid Test Tahanan Polres dan Polsek Jajaran

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Langkah pencegahan penyebaran corona (Covid-19) dilakukan Polresta Surakarta Polda Jawa Tengah dengan menggelar rapid test atau uji cepat terhadap 30 tahanan yang digelar pada Senin (08/06/2020) dengan melibatkan Urkes Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Andy Rifai,SIK.MH mengatakan “Rapid test digelar, karena meskipun para tahanan selalu berada di dalam tetapi bukan tidak mungkin ada potensi terpapar. Sebab, mereka juga melakukan interaksi dengan pengunjung, dan tahanan yang baru masuk sejak pandemi ini merebak. Kan kita tidak tahu kondisi tahanan yang baru masuk”.

Menurut Paurkes Polresta Surakarta Penata Dr. Edy Wirastho menjelaskan jika terdapat tahanan yang hasil rapid testnya reaktif, akan dilakukan tindakan isolasi sembari dilakukan pemeriksaan lanjutan. Namun bagi tahanan ataupun warga binaan, isolasi tidak dilakukan di rumah sakit seperti masyarakat pada umumnya.

“Isolasi secara mandiri, tetapi tetap akan dilakukan di Rutan karena di Rutan sudah ada ruangan khusus yang sudah disiapkan,” papar Dr. Edy Wirastho.

Untuk hasil dari Rapid Test tadi belum diperoleh informasi ada tidaknya tahanan Polresta Surakarta yang reaktif dari hasil rapid test. Mengacu pada SOP yang berlaku, hasil reaktif dari rapid test tidak selalu berarti positif Covid-19, karena hasil pastinya didasarkan pada tes swab.