Detail Pengaduan

TANGGALNAMAPENGADUAN
29/07/2021Yulius Ravisna Setia Aji

Selamat Pagi.

Nama : Yulius Ravisna Setia Sji
Alamat: Gawanan Timur RT 2 RW 6 Desa Gawanan Kec Colomadu Kab Karanganyar.
NIK : 3371021612890001

Saya ingin melaporkan bahwa data diri pribadi saya (KTP dan ATM) dipakai oleh pihak kedua yang menyebabkan kerugian pihak ketiga.

Kronologi:
November 2020 saya akan menjual kamera pribadi. Saya mengiklankan di marketplace OLX. Setelah itu tiba tiba saya di hubungi orang yang berminat membeli. Kemudian kita lanjut chat melalui WA.
Setelah berkomunikasi kami sepakat mengenai harga. Pada saat itu pelaku tersebut meminta difotokan kamera + KTP + ATM karena berasalan dia dari luar kota dan supaya lebih percaya saja. Karena memang dia sangat menyakinkan, tanpa pikir panjang saya foto seusai permintaan pelaku.
Selang beberapa menit pelaku mengirimkan bukti transfer palsu (sy tahu palsu krn uang tidak masuk ke rekening). Kemudian HP saya ada pesan notifikasi OTP transaksi bank. Pelaku chat saya lagi ingin meminta kode OTP tersebut dengan alasan jika tidak diberi tahu dana yang pelaku kirim tidak bisa masuk ke rekening saya. Karena saya curiga ini penipuan kode OTP tidak saya berikan dan segera saya blok nomer pelaku.

Selang 8 bulan kemudian tepatnya tgl 26 Juli 2021 saya dikirimi pesan oleh beberapa orang yang mengaku menjadi korban pelaku.
Ternyata pelaku menggunakan identias saya untuk menipu orang.
sdh ada 2 orang yang menjadi korban yang mengaku kepada saya sdh mentransfer sejumlah uang kepada pelaku. Kerugian bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai dengan 13juta (ada bukti chat dan bukti transfer).
Dan masih ada beberapa orang yang menginformasikan kepada saya hampir menjadi korban penipuan dengan identitas saya.
Pelaku menggunakan platform pembayaran seperti aplikasi DOKU atau UANGKU.

modus pelakunya sama semua. Pelaku mencari calon korban melalui OLX. Kemudian pelaku chat melalui WA. Pelaku seolah olah ingin membeli barang yang korban jual. Kemudian meminta foto indentias dan ATM. Setelah itu pelaku membuat bukti transfer palsu dan menghubungi calon korban untuk meminta kode OTP.
Korban ini memberikan kode OTP ke pelaku. Alhasil bukan uang korban yang ada di rekening tersedot oleh pelaku.

Dari keterangan korban, pelaku ini menggunakan nomor yang sama, yaitu 083821890232.
Saya tidak tahu pelaku ada di kota mana, dan korban juga berasal dari luar kota Solo.
Disini saya ingin melaporkan bahwa saya menjadi korban penyalahgunaan data pribadi oleh pihak kedua yang menyebabkan kerugian materi pada pihak ketiga. Info yang sy dapat bahwa sampai sekarang pelaku masih aktif mencari mangsa dengan menggunakan identias saya. Jika tidak diusut dikhawatirkan akan ada korban lagi. Ini terkait dengan nama baik saya.

mohon untuk pihak kepolisian merespon pengaduan saya.
Terima kasih.

26/07/2021Aryo

Selamat pagi bapak/ibu dari Polresta Surakarta , sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan - bantuan yg sudah diberikan kepada mereka yg terdampak kebijakan PPKM Darurat .
Saya ingin sedikit memberikan saran mudah - mudahan bisa diterima dan diimplementasikan di lapangan , juga akan saya teruskan ke Polda Jateng jika tidak ada tindak lanjut .
Mengingat mulai berlaku nya penutupan jalan di beberapa ruas jalan di wilayah Kota Surakarta dengan sistem buka - tutup dari jam 20.30 - 05.00 Wib .
Saya minta tolong dengan sangat , agar penutupan jalan ini bisa betul - betul efektif , tolong di semua ruas jalan yang akan mulai ditutup sampai dibuka kembali setiap harinya bisa mendapatkan PENJAGAAN dari petugas yg betul - betul menjaga sampai pukul 05.00 Wib .
Disamping untuk mengantisipasi lewat nya kendaraan - kendaraan yg masuk kategori bisa lewat penyekatan , hal ini juga bisa menghalau oknum - oknum masyarakat yg tidak bisa patuh atas peraturan ini .
Ini kenyataan yang saya lihat di lapangan , jadi menurut saya kalau memang tidak bisa betul - betul dijaga ya lebih baik tidak perlu ada penutupan karena percuma menurut saya .
Dari hal ini saja jika terus dibiarkan , masyarakat yg tadi nya patuh bisa menjadi tidak patuh juga karena tidak ada ketegasan di lapangan .
Demikian yg ingin saya sampaikan , mohon maaf jika perkataan dan saran saya kurang berkenan di hati bapak/ibu sekalian .
Terima Kasih .

25/07/2021Andis

Selmat pagi pak, saya mau melaporkan terkait adanya praktek prostitusi online,

23/07/2021Mia

Kehilangan hp di konter hp Rizky Cell sebelah SPBU sekarpace

22/07/2021AGNES INDAH SHAFITRI

KEHILANGAN BPJS

20/07/2021Daniel budiman

Tadi pagi jam 4 saya lari pagi di jalan slamet riyadi. 30-40 meter sebelum perempatan Hotel Novotel saya dipepet 2 kendaraan berboncengan yg isinya 6 orang. Mereka mepet dan berkata kurang enak dan tidak sopan seperti "ayo jalan terus satu dua satu dua. "

Karena saya terganggu syaa menyuruh mereka buat menjauh. Saya rasa tidak wajar kalau motor sedekat itu ke pejalan kaki. Saya merasa mereka kawanan penjambret.

Entah kenapa mereka marah dan mengancam mau membunuh saya. Saya biarkan saja. Mereka jalan terus dan belok ke kiri. Perempatan novotel. Selang 1 menit mereka datang sekitar 6/7 motor yg ada sekitar 12-14 orang. Saya rasa mereka adalah kelompok penjambret / curanmor. Karena tidak wajar di jam segitu ada teman2nya yg sembunyi di sekitar perempatan novotel ke kiri.

Sempat terjadi cekcok mulut dan mengancam mau membunuh dll. Karena saya pakai baju lari pagi dan ga bawa apa apa jg mereka lalu pergi.

Coba mohon sekali sekali di cek di daerah sana sekitar jam 4 pagi. Krn ini meresahkan dan tidak wajar.

TANGGALNAMAPENGADUAN