Wakapolresta Surakarta dan PJU Lakukan Rapid Test

 

Tribratanews.jateng.polri.go.id,Surakarta-Dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) lebih luas lagi, Wakapolresta bersama PJU melakukan rapid test di Aula Mapolresta Surakarta, Rabu(03/06/2020).

Rapid Test hari ini dilaksanakan yang sebelumnya Kapolresta Surakarta sudah mendahului bersama unsur Forkompinda yang dilaksanakan di Balaikota Surakarta dan kemaren sudah dilakukan Rapid test kepada seluruh personil Polresta Surakarta yang sering melaksanakan tugas dilapangan.

Rapid test ini adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu di ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.jelas Paurkes Polresta Surakarta Penata Dr. Edy Wirastho.

“Menurutnya”Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau biasa di sebut dengan Swab test. Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus rapid test.

Tes yang dilakukan terhadap aparat kepolisian ini karena petugas juga rentan terpapar virus Corona.sebab mereka banyak beraktivitas dan bertemu secara langsung dengan warga meski di tengah pandemi. Ungkapnya

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol.Andy Rifai,SIK.MH menambahkan “ Upaya ini sebagai langkah antisipasi karena bagaimana pun Polri sebagai garda terdepan dalam hal melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19 dan rentan tertular COVID-19. Maka perlu di-rapid test,” tutupnya.